1. Buat Project baru terlebih dahulu seperti biasa
2. Masukkan Source kode berikut
package UAS;
import java.util.Scanner;
public class PrismaSegitiga {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi
float la,t;
// membuat scanner baru
Scanner luasAlas = new Scanner(System.in);
Scanner Tinggi = new Scanner(System.in);
// Membuat Judul
System.out.println("=====================================");
System.out.println("== Menghitung Prisma Segitiga ==");
System.out.println("=====================================");
// Input
System.out.print("Input Luas Alas: ");
la = luasAlas.nextFloat();
System.out.print("Input Tinggi: ");
t = Tinggi.nextFloat();
// proses
float vol;
vol = la * t ;
// output
System.out.println("Volume Prisma Segitiga = "+vol+" cm5");
System.out.println("====== Powered By SEPHIARST= ======");
System.out.println("============= 20071006 =========");
}
}
3. Jika sudah run kan maka hasilnya seperti ini :
4.Pada Pada Source Package, Buat Paket baru lagi dengan nama GUI_UAS
5. Pada GUI pilih new lalu klik JFrame Form, untuk membuat form Aplikasi Prisma Segitiga, dan
beri nama Balok Prisma Segitiga
5.Jika sudah maka hasilnya seperti ini
6. Buat Judul Aplikasi dengan menggunakan label pada Swing control yang terdapat pada menu
bagian sebelah kanan layar monitor, drag dan tempatkan pada form yang dibuat (tinggal tarik dan geser)
7.Pada menu Properties , Beri nama Judul Prisma Segitiga, kemudian setting font, horizontal
aligment dan Background
8. Selanjutnya Membuat Label untuk teks Variabel dan Kolom untuk membuat nilai variable.
swing controls ( label) geser ke kiri dan sesuaikan - swing controls ( text field) geser kekiri dan tepatkan di kanan label. tempatkan pada posisi yang diinginkan, selanjutnya masih dimenu Swing
control, drag TextField dan sejajarkan pada label sebelumnya, Kemudian hapus teks yang terdapat
pada kolom TextFieldnya
9. Buat varibel nama untuk sintak program, klik kanan pada kolom Teksfield lalu pilih change
Variabel name dan ubah nama luas alas menjadi txtluasalas, tinggi menjadi txttinggi.
10. Lakukan Hal yang sama untuk Variabel lebar dan tinggi sehingga hasilnya seperti berikut:
11, Selanjutnya Membuat Tombol eksekusi Proses dan Hapus, Pada menu Swing control, pilih Button
kemudian drag dan tempatkan di form lalu ubah namanya
12. . Selanjutnya Membuat Hasil output untuk Luas dan volume Balok, Langkahnya sama seperti
langkah diatas, kemudian rubah variable ,volume menjadi
txtvolume. Membuat satuan dari hasil output, Pada Label Drag dan tempatkan disebelah TextField volume
balok dan Luas Balok dan hasilnya adalah
13. Selanjutnya pada tab source , ketikkan Source code " float luasAlas, Tinggi; "
14. Selanjutnya kembali pada tab design, pada tombol proses, pilih Event, lalu Action dan action
performed.
15. Kemudian dibawah statemen private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) { ketikkan :
LuasAlas = Float.parseFloat(txtLuasAlasprismasegitiga.getText().toString());
Tinggi = Float.parseFloat(txtTinggi.getText().toString());
16. Lakukan kembali Untuk tombol Hapus, pada tombol proses, pilih Event, lalu Action dan action
performed. Kemudian dibawah statemen private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent
evt) { ketikkan :
txtLuasAlasprismasegitiga.setText("");
txtTinggiprismasegitiga.setText("");
txtVolumeprismasegitiga.setText("");
17. Selanjutnya Membuat Nama Pembuat Aplikasi, Gunakan Label pada Swing Kontrol, sehingga
Hasil desainnya seperti Gambar dibawah ini
18. Jalankan apliksai dengan cara tekan tombol Shif+F6 secara bersamaan atau pada balokform.java
klik kanan lalu pilih run file
Komentar
Posting Komentar