Membuat Aplikasi Hitung Prisma Segitiga Berbasis Gui Pada Java

1.  Buat Project baru terlebih dahulu seperti biasa

2. Masukkan Source kode berikut


package UAS;

import java.util.Scanner;

public class PrismaSegitiga {

    

 public static void main(String[] args) {

        // deklarasi

    float la,t;

    

        // membuat scanner baru

    Scanner luasAlas = new Scanner(System.in);

    Scanner Tinggi = new Scanner(System.in);

    

        // Membuat Judul

System.out.println("=====================================");

System.out.println("== Menghitung Prisma Segitiga ==");

System.out.println("=====================================");


         // Input

System.out.print("Input Luas Alas: ");

    la = luasAlas.nextFloat();

System.out.print("Input Tinggi: ");

    t = Tinggi.nextFloat();

    

        // proses

float vol;

vol = la * t ;

        // output

System.out.println("Volume Prisma Segitiga = "+vol+" cm5");

System.out.println("====== Powered By SEPHIARST= ======");

System.out.println("============= 20071006 =========");

 }

}

         

3. Jika sudah run kan maka hasilnya seperti ini :



4.Pada Pada Source Package, Buat Paket baru lagi dengan nama GUI_UAS
5. Pada GUI pilih new lalu klik JFrame Form, untuk membuat form Aplikasi Prisma Segitiga, dan beri nama Balok Prisma Segitiga

5.Jika sudah maka hasilnya seperti ini


6. Buat Judul Aplikasi dengan menggunakan label pada Swing control yang terdapat pada menu bagian sebelah kanan layar monitor, drag dan tempatkan pada form yang dibuat (tinggal tarik dan geser)

7.Pada menu Properties , Beri nama Judul Prisma Segitiga, kemudian setting font, horizontal aligment dan Background

8. Selanjutnya Membuat Label untuk teks Variabel dan Kolom untuk membuat nilai variable.
 swing controls ( label) geser ke kiri dan sesuaikan - swing controls ( text field) geser kekiri dan tepatkan di kanan label. tempatkan pada posisi yang diinginkan, selanjutnya masih dimenu Swing control, drag TextField dan sejajarkan pada label sebelumnya, Kemudian hapus teks yang terdapat pada kolom TextFieldnya




9. Buat varibel nama untuk sintak program, klik kanan pada kolom Teksfield lalu pilih change Variabel name dan ubah nama luas alas menjadi txtluasalas, tinggi menjadi txttinggi.

10. Lakukan Hal yang sama untuk Variabel lebar dan tinggi sehingga hasilnya seperti berikut:
11, Selanjutnya Membuat Tombol eksekusi Proses dan Hapus, Pada menu Swing control, pilih Button kemudian drag dan tempatkan di form lalu ubah namanya




12. . Selanjutnya Membuat Hasil output untuk Luas dan volume Balok, Langkahnya sama seperti langkah diatas, kemudian rubah variable ,volume menjadi txtvolume. Membuat satuan dari hasil output, Pada Label Drag dan tempatkan disebelah TextField volume balok dan Luas Balok dan hasilnya adalah
 

13. Selanjutnya pada tab source , ketikkan Source code "  float luasAlas, Tinggi; "


14. Selanjutnya kembali pada tab design, pada tombol proses, pilih Event, lalu Action dan action performed.


15. Kemudian dibawah statemen private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { ketikkan :

 LuasAlas = Float.parseFloat(txtLuasAlasprismasegitiga.getText().toString());
 Tinggi = Float.parseFloat(txtTinggi.getText().toString());

16. Lakukan kembali Untuk tombol Hapus, pada tombol proses, pilih Event, lalu Action dan action performed. Kemudian dibawah statemen private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { ketikkan :

         txtLuasAlasprismasegitiga.setText("");
        txtTinggiprismasegitiga.setText("");
        txtVolumeprismasegitiga.setText("");

17. Selanjutnya Membuat Nama Pembuat Aplikasi, Gunakan Label pada Swing Kontrol, sehingga Hasil desainnya seperti Gambar dibawah ini

18. Jalankan apliksai dengan cara tekan tombol Shif+F6 secara bersamaan atau pada balokform.java klik kanan lalu pilih run file








 









Komentar