A. CONTOH DASAR OOP
1. Buatlah Sebuah Project baru sebagai berikut dengan nama project BelajarOOP1Pia dan jangan lupa di Uncentang
2. Selanjutnya
buat package nya
3. Kemudian
beri nama class nya dengan nama DasarPia
– Finish
4. Setelah
itu, di dalam package dasar, silahkan buat class baru
bernama Player
Klik kanan pada
package dasar lalu pilih New->Java Class. Setelah itu,
isi namanya dengan Player
5. Jika Sudah
maka tampilannya seperti ini
6. Jika sudah
maka masukkan kode berikut:
package DasarPia; public class Player { // definisi atribut String name; int speed; int healthPoin; // definisi method run void run(){ System.out.println(name +" is
running..."); System.out.println("Speed:
" + speed); } // definisi method isDead untuk mengecek
nilai kesehatan (healthpoin) boolean isDead(){ if(healthPoin <=0) return true; return false; } } |
7. Berikutnya,
buat class baru lagi bernama Game dan seperti ini
Lalu
masukkan kode berikut
package DasarPia; public class Game { public
static void main(String[] args){ //
definisi atribut String
name; int
speed; int
healtPoin; //
membuat objek player Player
petani = new Player(); //
mengisi atribut player
petani.name = "Petani kode"; petani.speed = 78;
petani.healthPoin = 1000; //
menjalankan method
petani.run();
if(petani.isDead()){
System.out.println("Game Over!"); } } } |
8. Jika sudah
makan coba di run kan
9. Contoh lain
Coba ganti nilai healthPoin menjadi 0
petani.healthPoin = 0; |
Jika
sudah maka tampilannya seperti berikut
B. SCANNER
BAGIAN 1
1.
.Buatlah Projek
dengan nama Pertemuan3Pia - Buat Package
dengan nama pertemuan3aPia - Buat class
dengan nama LatScannerPia
package Pertemuan3aPia; import
java.util.Scanner; //Import kelas
Scanner public class
LatscannerPia { public static void main(String args[]) { System.out.print("Masukkan nama
anda: "); // Instansiasi objek Scanner Scanner scanner = new
Scanner(System.in); // Menyimpan hasil masukkan String nama = scanner.next(); System.out.print("Nama anda
adalah : " + nama); } } |
3. Jika berhasil maka akan seperti ini
BAGIAN 2
1. diProjek Pertemuan3 dengan nama pertemuan3bPia - Class dengan nama UniversitasPia – Class TesterPia
2. Masukkan script ini ke
·
Class
UniversitasPIa
package
PertemuanbPia; public class
UniversitasPia { // Variabel JumlahMahasiswaPia
dideklarasikan sebagai statistik public static int JumlahMahasiswaPia; } |
· Class TesterPia
package PertemuanbPia; public class TesterPia { // NAMA_UNIVERSITAS sebagai konstanta public static final String
NAMA_UNIVERSITASPIA = "STMIK HTP"; public static void main(String[] args) { UniversitasPia.JumlahMahasiswaPia =
500;
System.out.println(NAMA_UNIVERSITASPIA + " memiliki mahasiswa
sebanyak " + UniversitasPia.JumlahMahasiswaPia); } } |
BAGIAN 3
1.
diProjek Pertemuan3 dengan nama pertemuan3cPIa - Class dengan nama PermenPia
– Class dengan nama PermenGlobalPia
2.
Masukkan script ini ke
·
Class
Permen
package
Pertemuan3cPia; public class
PermenPia { public void tambahPermen() { // Deklarasi variabel lokal int jumlahPermenPia = 0; jumlahPermenPia = jumlahPermenPia +1; System.out.println("Jumlah
permen setelah ditambah: " + jumlahPermenPia); } public static void main(String[] args) { PermenPia PermenSusu = new
PermenPia(); PermenSusu.tambahPermen(); } } |
· Class PermenGlobalPia
package
Pertemuan3cPia; public class
PermenGlobalPia { // Variabel jumlahPermenPia menjadi
variabel instance // inisialisasi variabel jumlahPermenPia
= 10 int jumlahPermenPia = 10; // Method untuk menampilkan jumlah permen public void
getJumlahPermenPia() { System.out.println("Jumlah Permen:
" + jumlahPermenPia); } public void
tambahPermenPia() { jumlahPermenPia = jumlahPermenPia + 1; System.out.println("Jumlah permen
setelah ditambah:" + jumlahPermenPia); } public static
void main(String[] args) { PermenGlobalPia permenSusu = new
PermenGlobalPia(); //menampilkan jumlah yang ada saat
progra, pertama kali berjalan permenSusu.getJumlahPermenPia(); // menambah 1 permen permenSusu.tambahPermenPia(); // Menampilkan jumlah permen yang ada permenSusu.getJumlahPermenPia(); } } |
Komentar
Posting Komentar